Hello Kitty Touching Lip

Rabu, 10 Oktober 2012

ALKENA


PENGERTIAN ALKENA
Alkena adalah sebuah kelompok hidrokarbon (senyawa-senyawa yang hanya mengandung hidrogendan karbon) yang mengandung ikatan karbon-karbon rangkap(C=C). Suku alkena yang paling kecil terdiri dari dua atom C, yaitu etena. Nama alkena sesuai dengan nama alkana dengan mengganti akhiran – ana menjadi -ena.
Dua alkena yang pertama adalah:
Etena = C2H4
Propena = C3H6 

RUMUS UMUM ALKENA
Alkena adalah hidrokarbon alifatik tak jenuh yang memiliki satu ikatan rangkap (C = C). Senyawa yang mempunyai dua ikatan rangkap disebut alkadiena, yang mempunyai tiga ikatan rangkap disebut alkatriena,dan seterusnya.
Bagaimana rumus umum alkena? Perhatikan senyawa-senyawa di bawah ini kemudian bandingkan!

 


Jadi rumus umumnya mempunyai 2 atom H lebih sedikit dari alkana karena itu rumus umumnya menjadi CnH2n+2-2H = CnH2n. Kekurangan jumlah atom H pada alkena dibandingkan dengan jumlah atom H pada alkana maka rumus umum alkena adalah :
CnH2n
(James E.Brady, 1990)

STRUKTUR ALKENA



















Dari tabel diatas rumus molekul untuk alkena jumlah atom H selalu dua kali jumlahatom C, sesuai dengan rumus umumnya yaitu : CnH2n

TATA NAMA ALKENA
1) Alkena rantai lurus
Nama alkena rantai lurus sesuai dengan nama–nama alkana, tetapi dengan mengganti akhiran –ana menjadi –ena.
Contoh:
• C2H4etena
• C3H6propena
• C4H8butena

2) Alkena rantai bercabang
Urutan penamaan adalah:
a) Memilih rantai induk, yaitu rantai karbon terpanjang yang mengandung ikatan rangkap.
Contoh:











b) Memberi nomor, dengan aturan penomoran dimulai dari salah satu ujung rantai induk, sehingga ikatan rangkap mendapat nomor terkecil (bukan berdasarkan posisi cabang).
Contoh:















c) Penamaan, dengan urutan:
- nomor atom C yang mengikat cabang
- nama cabang
- nomor atom C ikatan rangkap
- nama rantai induk (alkena)
Contoh:













(John Mc. Murry Fay 4th ed)

KEISOMERAN ALKENA
Alkena mempunyai dua keisomeran sebagai berikut.
1) Keisomeran Struktur
Keisomeran struktur, yaitu keisomeran yang terjadi jika rumus molekul sama, tetapi rumus struktur berbeda. Keisomeran pada alkena mulai ditemukan pada C4H8 terus ke suku yang lebih tinggi. Perhatikan contoh di bawah ini!
a) C4H8 mempunyai tiga macam isomer, yaitu:










b) C5H10 mempunyai lima macam isomer, yaitu:


















2) Keisomeran Geometri
Keisomeran geometri, yaitu keisomeran yang terjadi karena perbedaan orientasi gugus-gugus di sekitar C ikatan rangkap.
Contoh:
2–butena mempunyai dua isomer geometri, yaitu cis–2–butena dan
trans–2–butena.










Syarat terjadinya isomer geometri adalah apabila masing-masing atom karbon yang berikatan rangkap mengikat 2 atom atau 2 gugus yang berbeda, sehingga jika atom atau gugus yang diikat tersebut bertukar tempat, maka strukturnya akan menjadi berbeda.

SIFAT-SIFAT ALKENA

Sifat Fisis Alkena
Titik leleh dan titik didih alkena hampir sama dengan alkana yang sesuai. Pada suhu kamar, suku-suku rendah berwujud gas, suku-suku sedang berwujud cair, dan suku-suku tinggi berwujud padat.

























Berdasarkan tabel tersebut diketahui bahwa pada suhu kamar (25oC), tiga suku yang pertama adalah gas, suku-suku berikutnya adalah cair dan suku-suku tinggi berbentuk padat. Hal ini dipengaruhi oleh titik didih dan titik lelehnya. Mendidih adalah suatu perubahan wujud zat dari cair menjadi gas. Suatu zat yang memiliki titik didih kurang dari 25oC, pada keadaan standar (25oC, 1 atm) zat tersebut berwujud gas. Adapun zat yang memiliki titik leleh kurang dari 25oC dan titik didih di atas 25oC dalam keadaan standar, berwujud cair. 
Sifat fisis alkena, yakni titik didih mirip alkana. Hal ini dikarenakan alkena bersifat non polar dan mempunyai gaya antar molekul yang relatif lemah. Di samping itu, nilai Mr alkena hampir sama dengan alkana. seperti halnya alkana kecenderungan titik didih alkena juga naik seiring dengan pertambahan nilai Mr atau kenaikan jumlah atom karbon.
Untuk kelarutan, alkena hampir tidak dapat larut dalam air, tapi larut dalam pelarut-pelarut organik. Oleh karena itu, jika cairan alkena dicampur dengan air maka kedua cairan itu akan membentuk lapisan yang tidak saling bercampur

Sifat Kimia Alkena
Umumnya alkena lebih aktif dari alkana. Reaktifitas senyawa alkena sangat ditentukan oleh sifat ikatan rangkapnya.Sifat khas dari alkena adalah terdapatnya ikatan rangkap dua antara dua buah atom karbon. Ikatan rangkap dua ini merupakan gugus fungsional dari alkena sehingga menentukan adanya reaksi-reaksi yang khusus bagi alkena, yaitu adisi, polimerisasi dan pembakaran.

1. Alkena dapat mengalami adisi Adisi adalah pengubahan ikatan rangkap (tak jenuh) menjadi ikatan tunggal (jenuh) dengan cara menangkap atom/gugus lain. Pada adisi alkena 2 atom/gugus atom ditambahkan pada ikatan rangkap C=C sehingga diperoleh ikatan tunggal C-C. Beberapa contoh reaksi adisi pada alkena:
a. Reaksi alkena dengan halogen (halogenisasi)











b. Reaksi alkena dengan hidrogen halida (hidrohalogenasi) Hasil reaksi antara alkena dengan hidrogen halida dipengaruhi oleh struktur alkena, apakah alkena simetris atau alkena asimetris.

alkena simetris : akan menghasilkan satu haloalkana.

 • alkena asimetris akan menghasilkan dua haloalkana. Produk utana reaksi dapat diramalkan menggunakan aturan Markonikov, yaitu: Jika suatu HX bereaksi dengan ikatan rangkap asimetris, maka produk utama reaksi adalah molekul dengan atom H yang ditambahkan ke atom C dalam ikatan rangkap yang terikat dengan lebih banyak atom H.













c.  Reaksi alkena dengan hidrogen (hidrogenasi)
1. Reaksi ini akan menghasilkan alkana.







2. Alkena dapat mengalami polimerisasi. Polimerisasi adalah penggabungan molekul-molekul sejenis menjadi molekul-molekul raksasa sehingga rantai karbon sangat panjang. Molekul yang bergabung disebut monomer, sedangkan molekul raksasa yang terbentuk disebut polimer.












.


pembakaran alkena Pembakaran alkena (reaksi alkena dengan oksigen) akan menghasilkan COdan H2O.
CH2=CH2 + 2 O2 → 2CO2 + 2H2O

SUMBER DAN KEGUNAAN ALKENA
Dalam industri, alkena dibuat dari alkana melalui pemanasan dengan katalis, yaitu dengan proses yang disebut perengkahan atau cracking. 
Di alam, sumber alkena berada dalam jumlah yang kecil, sehingga alkena harus disintesis dari gas alam dan minyak bumi melalui reaksi perekahan.
Kegunaan alkena sebagai berikut :
Dapat digunakan sebagai obat bius (dicampur dengan O2)
Untuk memasakkan buah-buahan
bahan baku industri plastik, karet sintetik, farmasi dan insektisida.


SUMBER ARTIKEL :
http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-sma-ma/rumus-umum-tata-nama-dan-keisomeran-alkena/
http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia_organik_dasar/hidro-karbon/sifat-sifat-alkena/
http://kimia.upi.edu/utama/bahanajar/kuliah_web/2009/0703918/sifat.html

*dibuat berdasarkan slide12*

10 komentar:

  1. PERTANYAAN :
    Mengapa senyawa alkena lebih reaktif dibandingkan dengan senyawa alkana ?
    Dan bagaimana kereaktifan dari senyawa alkena? Jelaskan !

    BalasHapus
  2. karena ikatan c antar atom alkena tidak stabil,sehingga mudah di pisahkan, sedangkan alkana,ikatan C antar atomnya relatif stabil dan tidak mudah dipisahkan. Tidak seperti kebanyakan senyawa organik lainnya, senyawa alakana ini tidak memiliki gugus fungsional..mungkin begitu kira2 jawabannya.. :)

    BalasHapus
  3. alkana adalah ikatan tunggal sedangkan alkena ikatan rangkap. jika di bandingkan antara ikatan tunggal dengan ikatan rangkap, ikatan rangkap lebih mudah untuk berikatan dengan atom lain karena kekuatan ikatannya yang lemah. hal inilah yang menyebabkan alkena lebih reaktif dibandingkan alkana.

    BalasHapus
  4. assalamu'alaikum wr. wb.
    menurut pendapat saya, dikarenakan terdapat ikatan rangkap (double bond) pada senyawa alkena sehingga lebih mudah diserang oleh nukleofil. biasanya yg menyerang adalah atom-atom yang lebih elektronegatif, sehingga ikatan rangkap pada alkena menjadi hilang. reaksi alkena menjadi alkana dikenal dengan reaksi adisi. oleh karena itu senyawa alkena lebih reaktif dibandingkan dengan senyawa alkana.

    referensi: Fessenden Fesenden, Kimia Organik jilid 2.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum ...
    Kalau menurut saya sihh ...Alkena lebih reaktif jika dibandingkan dengan alkana, dikarenakan alkena mempunyai ikatan rangkap dua.
    sedangkan alkana itu ikatan tunggal..
    Ikatan yang terdapat pada alkena memang merupakan ikatan yang lebih kuat dari pada ikatan tunggal. Namun, ikatan rangkap dua ini tidak dua kali lebih kuat. Karena ikatan pi (bentuk ikatan kedua dari ikatan rangkap dua) merupakan ikatan yang lebih lemah dari pada ikatan sigma. Oleh karena itu, ikatan pi menjadi bersifat lebih mudah diserang oleh reagen yang cocok, bahkan pada kondisi biasa. Bentuk reaksi yang dialami oleh ikatan pi ini adalah reaksi adisi di mana atom karbon tidak jenuh menjadi atom karbon jenuh.

    semoga membantu :)

    BalasHapus
  6. pendapat saya terkait pertanyaan mengapa alkena jauh lebih reaktif dari alkana dikarenakan alkena memiliki ikatan rangkap sedangkan alkana hanya memiliki ikatan tunggal...

    Kereaktifan alkena ditentukan oleh lemahnya ikatan pi. Pasangan elektron yang menjadi milik bersama terletak dalam sebuah orbital molekul pada garis antara dua inti. Ikatan ini dinamakan ikatan sigma.
    Pasangan elektron yang lain ditemukan di suatu tempat dalam bagian berarsir di atas atau di bawah bidang molekul. Ikatan ini adalah ikatan pi. Elektron-elektron dalam ikatan pi bebas berpindah kemanapun dalam daerah berarsir ini dan dapat berpindah bebas dari belahan yang satu ke belahan yang lain.
    Elektron pi tidak sepenuhnya dikendalikan oleh inti atom C seperti pada elektron dalam ikatan sigma, dan karena elektron pi terletak di atas dan di bawah daerah kosong dari molekul, maka elektron-elektron ini relatif terbuka untuk diserang oleh partikel lain. Artinya Ikatan pi lebih lemah dibanding ikatan sigma. Ikatan pi mudah diadisi oleh atom-atom lain.

    BalasHapus
  7. senyawa alkena lebih reaktif dibandingkan senyawa alkana disebabkan senyawa alkana lebih jenuh dari alkena, karena ikatan kimia pada alkana adalah ikatan tunggal. sedangkan, pada alkena ikatan kimianya adalah ikatan rangkap. ikatan rangkap inilah yang mudah diserang oleh atom lain karena kekuatan ikatan kedua pada ikatan rangkap sifatnya lemah. Hal ini yang menyebabkan alkena lebih reaktif.

    BalasHapus
  8. Saya akan mncoba menjawab pertanyaan anda.Sepengetahuan saya alkena lebih reaktif daripada alkana dikarenakan terdapat ikatan rangkap pada senyawa alkena sehingga lebih mudah di putus ikatanya oleh nukleofil. Biasanya yg memutus adalah atom-atom yang lebih elektronegatif, sehingga ikatan rangkap pada alkena menjadi hilang...

    BalasHapus
  9. Alkena jauh lebih reaktif dibandingkan alkana. Hal ini disebabkan adanya ikatan rangkap
    – C = C – . Reaksi alkena terutama terjadi pada ikatan rangkap itu.

    1). Adisi ( pengikatan molekul sederhana oleh ikatan rangkap = penjenuhan)
    Reaksi terpenting dari alkena dan semua senyawa lain yang tidak jenuh ialah reaksi adisi. Pada adisi ikatan rangkap dijenuhkan.


    2). Reaksi pembakaran
    Seperti alkana, alkena juga mudah terbakar. Pembakaran alkena dan senyawa lain yang tidak jenuh, menghasilkan banyak jelaga. Jelaga ini adalah atom-atom karbon yang tidak terbakar. Sebagian atom karbon tidak terbakar karena alkena mengandung kadar karbon yang tinggi sehingga memerlukan banyak oksigen. Akan tetapi, karena oksigen dari udara tidak cukup, maka sebagian atom karbon tidak terbakar. Pembakaran sempurna alkena menghasilkan gas CO2 dan uap air.

    C2H4 + O2 ----- 2 CO2 + 2 H2O

    BalasHapus
  10. dikarenakan terdapat ikatan rangkap (double bond) pada senyawa alkena sehingga lebih mudah diattack oleh nukleofil. biasanya yg menyerang adalah atom-atom yang lebih elektronegatif, sehingga ikatan rangkap pada alkena menjadi hilang.reaksi alkena menjadi alkana dikenal dengan reaksi adisi.
    Kereaktifan Kalkena

    Ikatan dalam alkena
    Untuk ikatan, kita cukup membahas etena, sebab sifat-sifat ikatan C=C padaetena juga berlaku pada ikatan C=C dalam alkena yang lebih kompleks.Etena biasanya digambarkan sebagai berikut:Ikatan rangkap antara atom karbon adalah dua pasang elektron bersama.Hanya saja pada gambar di atas tidak ditunjukkan bahwa kedua pasangan elektrontersebut tidak sama satu sama lain.Salah satu dari pasangan elektron dipegang pada sebuah garis lurus antara duainti karbon, tapi pasangan lainnya dipegang dalam sebuahorbital molekuldi atas dandi bawah bidang molekul. Orbital molekul adalah sebuah ruang dalam molekuldimana terdapat kemungkinan besar untuk menemukan sepasang elektron tertentu.11 |Kimia

    Pada gambar di atas, garis antara kedua atom karbon menunjukkan sebuah ikatannormal – pasangan elektron bersama terletak dalam sebuah orbital molekul pada garisantara dua inti. Ikatan ini disebut ikatan sigma.Pasangan elektron yang lain ditemukan di suatu tempat dalam bagian berarsir diatas atau di bawah bidang molekul. Ikatan ini disebut ikatan pi. Elektron-elektrondalam ikatan pi bebas berpindah
    kemanapun
    dalam daerah berarsir ini dan bisa berpindah bebas dari belahan yang satu ke belahan yang lain.Elektron pi tidak sepenuhnya dikendalikan oleh inti karbon seperti pada elektrondalam ikatan sigma, dan karena elektron pi terletak di atas dan di bawah daerahkosong dari molekul, maka elektron-elektron ini relatif terbuka untuk diserang oleh partikel lain.

    BalasHapus